24 Februari 2015

Teknik Aduk Balik



Sahabat BoeBoe, seperti janji saya sebelumnya. Setelah sedikit memberikan penjelasan tentang adonan kental berjejak atau jambul petruk disini sekarang saya akan membahas sedikit tentang istilah lainnya dalam dunia baking yaitu teknik aduk balik atau aduk lipat.

Aduk balik atau aduk lipat ini biasanya dipakai saat kita ingin mengaduk adonan dengan bahan cair atau tepung misalnya mentega yang dilelehkan dan campuran terigu. Bagaimana caranya mempraktekan teknik ini?

Pertama setelah kita tuangkan mentega cair ke dalam adonan, setelah itu kita tempatkan spatula dibagian tengah wadah seperti hendak membelah adonan menjadi 2. Lalu pastikan  spatula kita menyentuh dasar wadah. Kemudian sapu adonan ke arah kiri wadah hingga ke tepinya. Lalu kembalikan adonan yang kita sapu tadi ke arah tengah adonan.

Langkah kedua, lakukan hal yang sama pada bagian adonan lainnya. Belah dua adonan, lalu sapukan spatula ke arah kanan atau ke arah berlawanan dari sapuan pertama hingga menyentuh dasar dan tepi wadah. Kemudian sapu dan bawa adonan kembali ke arah tengah wadah. Lakukan 2 langkah ini hingga adonan rata dan homogen. Atau bisa juga kita bantu dengan sambil memutar wadah ya... :)

Untuk lebih jelasnya tentang teknik aduk balik ini, sahabat BoeBoe bisa lihat video ini yaaa... :)


Semoga bisa dipahami ya sahabat BoeBoe, jika masih ada yang belum jelas yuks tinggalkan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah ini... :)

Semoga bermanfaat yaaa... :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar